IAINU  kebumen dalam rangka pratek pengalaman lapangan ( PPL) yang rencana akan di terurunkan langsung pada bulan setember –bulan November 2016, sebelum pelepasan, peserta PPL di bekali selama dua hari terkait materi yang akan di pratikan di lapangan, antara lain materi bedah buku PPL, K13, kepribadian dan laporan pelaksanaan PPL, yang di ikuti sebanyak 251 mahasiswa yang berlangsung dari tanggal 4-5 Nepember 2016 di Auditorium IAINU.
Acara yang di buka oleh rektor IAINU Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd,I menyampaikan bahwa anak yang akan dihadapi oleh peserta PPL adalah anak generasi abad 21 yang telah berkemampuan dalam hal Teknologi Informasi, oleh karena itu Gurunya juga harus abad 21 yang selalu tanggap dan update terhadap perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi.
Dalam rencana kedepan rector IAINU Kebumen mengintruksikan untuk melaksanakan PPL di luar negeri bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Dengan syarat jangan di negeri suriyah dan Negara-negara lain yang berkonflik, apakah memungkinkah di luar negeri? ya memungkikan karena memiliki relasi duta besar di Saudi Arabia, Singapura, dan Malaysia,
Dekan tarabiyah Drs, Cholidy Ibhar M.A mengatakan PPL is isay, yang paling penting bukan masalah materi tetapi persoalan mental karena materi sudah di pelajari di semester-smester sebelunya dan yang penting lagi ketika berangkat jangan lupa menbaca do’a dan sholawat untuk memupuk mental, karena jika mental sudah tertata akan melancarkan semuanya dan menghilangkan hambatan yang ada, selain itu dekan berpesan pada mahasiswa, PPL adalah pratek mekanistik ( pembelajaran yang sudah di antur oleh sekalah) jadi mahsiswa jangan menbuat materi yang tidak sesuai sehingga justru akan menumbuhkan permasalahan dengan pihak sekolah dan guru pamong.